Bagaimana sih cara bijak mengatur waktunya ?
Oleh : Beben Saputra, S.M.,MM
Manajemen waktu adalah hal yang penting untuk mereka yang mempunyai aktivitas yang sangat padat. tidak jarang sekali banyak orang bingung utuk mengatur waktu antara bekerja dan kuliah.
Mereka yang bekerja sambil kuliah akan rela kehilangan waktunya untuk berlibur, berkumpul bersama keluarga, dan sahabat. karena pada saat sekarang ini waktu bekerja yang hampir kebanyakan full time, sedangkan waktu kuliah juga untuk karyawan pada hari week end dan malam hari. bisa dibayangkan bagaiman bisa membagi waktunya.
Semua itu tentang pilihan kamu, dan bagaimana mengatur waktu sebaik mungkin. demi masa depan yang lebih baik, dan demi cita cita itu adalah pilihan yang tepat, selagi kamu masih muda dan tenaga nya masih kuat.
pendidikan merupakan cara kita untuk berpikir terbuka , lebih menerima pendapat orang lain, bagaimana cara kita berpikir kritis, mengubah pola pikir, menambah ilmu pengetahuan dan menjadikan kamu orang yang selalu berpikir positif.
berikut adalah cara bijak mengatur waktu agar kamu bisa menjalankan antara bekerja dan kuliah :
1. Tentukan Prioritas Kamu
Berbicara mengenai prioritas adalah sebuah konsistensi yang harus kamu lakukan, ketika kamu sudah menentukan ingin bekerja dan kuliah itu merupakan prioritas yang kamu pilih dan kamu harus bertanggung jawab atas pilihan kamu.
Banyak mungkin orang diluar sana yang bekerja sambil kuliah, tetapi mereka putus dijalan karena mereka tidak benar benar menjalankannya dengan sepenuh hati.
Ketika kamu sudah menjalani semuanya secara bersamaan, diluarsana mungkin akan banyak godaan yang mungkin akan menganggu perkuliahan kamu, contoh kamu kuliah pada hari week end tiba tiba teman kamu mengajak kamu untuk jalan jalan atau liburan. Nah, disinilah kamu akan menentukan mana yang penting harus kamu jalani.
2. Kerjaan kantor dan tugas Kuliah harus bisa di kerjakan.
Tugas kantor yang banyak ditambah lagi tugas kuliah yang menumpuk, membuat orang tidak bisa mengatur semuanya. dengan keterbatasan waktu kamu untuk mengerjakan tugas kuliah akhirnya tugas kuliah tidak terselesaikan dan berpengaruh pada nilai.
kali penulis kan berbagi sesuai dengan yang penulis pernah jalani. Kamu harus bisa mengorbankan waktu istirahat dan tidur malam untuk mengerjakan tugas kuliah. manajemen waktu disini sangat dibutuhkan. cara ini adalah hal yang paling efektif menurut penulis, kamu harus bisa mengatur waktu kamu untuk mengerjakan tugas kantor dan tugas kuliah kamu. Mengorbankan waktu istrahat siang juga bisa dilakukan.
3. Menyicil tugas dan berhenti menunda
Ketika waktu senggang, kamu harus bisa menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. lakukan segera apa yang bisa kamu kerjakan, meskipun sedikit setidaknya kamu sudah ada progress atas tugas kamu.
Dengan menyicil tugas, tugas kamu akan berkurang dan tidak menumpukan pada saat deadline. setelah kamu melakukan itu kamu tidak akan merasa lelah dan akan bersemangat lagi.
4. Komunikasi dengan Teman
Komunikasi ini sangat penting sekali untuk kamu, apalagi kamu yang sibuk bekerja tidak sempat untuk melihat gadge, sedangkan di group kelas kamu ada tugas kuliah yang harus dikerjakan.
Menghubungi Dosen, ketua kelas, atau teman sekelas yang dia aktif didalam kelas untuk menanyakan tugas jika kamu ketinggalan. ini sangat penting untuk dilakukan selain untuk perihal tugas ini juga bisa membuat kamu dengan teman sekelas menjadi lebih akrab dan bisa saling membantu ketika ada kesulitan.
5. Lakukan dengan sepenuh hati dan selalu berdoa
Percayalah usaha tidak akan menghianti hasil. ketika kamu berusaha dan bersungguh-sungguh melakukan sesuatu karna niat baik, maka ada jalan disetiap kesulitan yang kita hadapi.
Kunci dari semua itu adalah jangan mengeluh dan tetaplah besemangat terus lah berdoa, terutama minta doa kepada orang tua kamu.
Diatas adalah tips dari penulis, mungkin banyak tips yang lain yang diluar penulis sebutkan tapi itu adalah secara garis besar saja. semoga ilmu nya bermanfaat dan sukses selalu untuk kamu yang ingin bekerja sambil kuliah.
Terimakasih tips
BalasHapus